Sabtu, 30 April 2011

RPP SENI MUSIK SD KL I - VI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
banner
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : I/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1. Sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan manusia

Indikator : 1. Siswa dapat menyanyikan salah satu satu lagu anak
2. Siswa dapat bernyanyi dengan ekspresi yang tepat


Alokasi Waktu : 8 x 35 menit ( 4 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa mampu menyanyikan lagu Let’s See My Garden dengan benar
2. Siswa mampu menyanyikan lagu anak dengan ekspresi yang tepat

B. Materi Ajar :
1. Lagu anak-anak populer
- Lagu Let’s See My Garden

C. Metode Pembelajaran :
1. Tanya jawab
2. Pemberian tugas
3. Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab tentang lagu anak populer

2. Kegiatan inti
- Memperhatikan lagu Let’s See My Garden di white board/karton manila
- Memperhatikan demonstrasi guru menyanyi lagu Let’s See My Garden
- Menyanyikan lagu Let’s See My Garden secara klasikal


3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Menghapalkan syair lagu Let’s See My Garden
- Menyanyikan lagu Let’s See My Garden tanpa teks
- Menyanyikan lagu Let’s See My Garden secara klasikal dengan iringan

3. Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Feed back

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan Inti
- Memperhatikan guru menyanyikan Lagu Let’s See My Garden dengan gerakan dan
ekspresi yang tepat
- Menyanyikan lagu Let’s See My Garden dengan gerakan dan ekspresi yang tepat

3. Kegiatan akhir
- Follow up

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu Let’s See My Garden dengan gerakan dan ekspresi yang tepat
secara individual
- Memberi apresiasi terhadap setiap penampilan

3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Memberikan kesimpulan tentang inti dari keseluruhan

E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas I penerbit Erlangga
2. CD/VCD minus one Lagu Let’s See My Garden

F. Penilaian :
1. Teknik : Tes praktek
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal / Instrumen :

Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Nyanyikan lagu Let’s See My Garden dengan iringan musik dari CD minus one/
iringan musik live secara individual !
2. Nyanyikan lagu Let’s See My Garden dengan ekspresi dan gerakan yang sesuai !


Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : I/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1. Mengekspresikan diri melalui vocal dan alat musik yang dihasilkan
oleh tubuh manusia

Indikator : 1 Siswa dapat menyanyikan lagu GembiraBerkumpul dengan benar
2.Siswa dapat menyanyikan lagu Gembira Berkumpul dengan tepukan
tangan yang sesuai


Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa mampu menyanyikan lagu Aku adalah Anak Gembala dengan benar
2. Siswa mampu menyanyikan lagu anak dengan tempo dan pola irama yang sesuai.

B. Materi Ajar :
1. Lagu anak-anak populer
- Lagu Aku adalah Anak Gembala
C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab tentang lagu anak klasik
2. Kegiatan inti
- Mendengarkan Lagu anak d Aku adalah Anak Gembala dari CD/VCD
- Memperhatikan demonstrasi guru menyanyi lagu Aku adalah Anak Gembala
- Menyanyikan lagu s Aku adalah Anak Gembala secara klasikal
3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi
2. Kegiatan inti
- Menghapalkan syair lagu Aku adalah Anak Gembala
- Menyanyikan lagu Aku adalah Anak Gembala tanpa teks
- Menyanyikan lagu Aku adalah Anak Gembala secara klasikal dengan iringan
3. Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Feed back

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Memberikan apersepsi
2. Kegiatan Inti
- Memperhatikan guru menyanyikan Lagu Aku adalah Anak Gembala dengan gerakan dan
ekspresi yang tepat
- Menyanyikan lagu Aku adalah Anak Gembala dengan gerakan dan ekspresi yang tepat
3. Kegiatan akhir
- Follow up

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
2. Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu Aku adalah Anak Gembala dengan pola tepukan tangan yang sesuai
dengan bimbingan guru
- Menyanyikan lagu Aku adalah Anak Gembala dengan pola tepukan tangan yang sesuai
secara klasikal
3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Memberikan kesimpulan tentang inti dari keseluruhan

V.Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
2. Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu Aku adalah Anak Gembala dengan pola tepukan tangan yang sesuai
secara individual
- Memberi apresiasi terhadap setiap penampilan
3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Memberikan kesimpulan tentang inti dari keseluruhan

VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
2. Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu Aku adalah Anak Gembala dengan iringan piano
secara individual
- Memberi apresiasi terhadap setiap penampilan
3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Memberikan kesimpulan tentang inti dari keseluruhan

E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas I penerbit Erlangga
2. CD/VCD minus one Lagu Aku adalah Anak Gembala

F. Penilaian :
4. Teknik : Tes praktek
5. Bentuk Instrumen : Tes uraian
6. Soal / Instrumen :

Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Nyanyikan lagu Aku adalah Anak Gembala dengan iringan musik dari CD minus one/
iringan musik live secara individual !
2. Nyanyikan lagu Aku adalah Anak Gembala dengan ekspresi dan gerakan yang sesuai !


Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : I/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1 Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib

Indikator : 1 Siswa dapat menyanyikan salah satu lagu anak-anak pilihan siswa
dengan benar
2.Siswa dapat menyanyikan salah satu lagu wajib nasional
pilihan siswa dengan benar

Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa mampu menyanyikan lagu lagu anak-anak pilihan siswa dengan benar
2. Siswa mampu menyanyikan lagu wajib pilihan siswa dengan tempo dan pola irama yang
sesuai.

B. Materi Ajar :
1. Lagu anak-anak
- Lagu Namaku disebut
2. Lagu Wajib Nasional
- Lagu Satu Nusa Satu Bangsa
C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab tentang lagu anak klasik




2. Kegiatan inti
- Mendengarkan Lagu Namaku disebut dari CD/VCD
- Memperhatikan demonstrasi guru menyanyi Lagu Namaku disebut
- Menyanyikan Lagu Namaku disebut secara klasikal


3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Menghapalkan syair Lagu Namaku disebut
- Menyanyikan Lagu Namaku disebut tanpa teks
- Menyanyikan Lagu Namaku disebut secara klasikal dengan iringan

3. Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Feed back

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan Inti
- Memperhatikan guru menyanyikan Lagu Namaku disebut dengan gerakan dan
ekspresi yang tepat
- Menyanyikan Lagu Namaku disebut dengan gerakan dan ekspresi yang tepat
secara individual

3. Kegiatan akhir
- Follow up

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
- Memperhatikan guru menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
- Memperhatikan guru menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa dengan gerakan dan
ekspresi yang tepat

- Mempraktekkan demonstrasi guru menyanyi lagu Satu Nusa Satu Bangsa
secara klasikal
- Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dengan gerakan dan ekspresi yang tepat


3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Penugasan


V.Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
Memperhatikan guru menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
- Memperhatikan guru menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa dengan gerakan dan
ekspresi yang tepat
- Mempraktekkan demonstrasi guru menyanyi lagu Satu Nusa Satu Bangsa
secara klasikal
- Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dengan gerakan dan ekspresi yang tepat

3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Penugasan

VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
- Menyanyikan salah satu lagu wajib Satu Nusa Satu Bangsa
secara klasikal
- Menyanyikan salah satu lagu wajib Berkibarlah Satu Nusa Satu Bangsa
secara individual
3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Memberikan kesimpulan tentang inti dari keseluruhan











E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas I penerbit Erlangga
2. CD/VCD minus one Lagu Namaku disebut
3. Buku Lagu Wajib Nasional




F. Penilaian :
1. Teknik : Tes praktek
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal / Instrumen :



Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Nyanyikan lagu Namaku disebut dengan iringan musik dari CD minus one/
iringan musik live secara individual !
2. Nyanyikan lagu wajib Satu Nusa Satu Bangsa
dengan ekspresi dan gerakan yang sesuai !



Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : II/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1 Kemampuan mengidentifikasi
unsur musik yang dihasilkan alat musik konvensional

Indikator : 1 Siswa dapat mengidentifikasi alat berdasarkan warna suaranya
2.Siswa dapat mangklasifikasikan alat musikberdasarkan cara
memainkannya


A.Tujuan Pembelajaran :
1 Siswa dapat mengidentifikasi alat berdasarkan warna suaranya
2.Siswa dapat mangklasifikasikan alat musik berdasarkan cara memainkannya

B. Materi Ajar :
1. Warna suara alat musik konvensional
2. Klasifikasi alat musik berdasarkan cara memainkannya

C. Metode Pembelajaran :
4. Tanya jawab
5. Pemberian tugas
6. Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab tentang lagujenis alat musik


2. Kegiatan inti
- Mendengarkan bunyi macam macam alat musik dari CD/VCD

- Menyebutkan nama alat musik sesuai bunyinya dengan tepat
- Menyebutkan alat musik yang dipakai dalam suatu lagu


3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Menuliskan macam-macam alat musik
- Mencari alat musik yang cara memainkannya ditiup
- Mencari alat musik yang cara memainkannya dipukul,digoyang,ditekan,dipetik dan
digesek

3. Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Feed back

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan Inti
- Mencari dan mengumpulkan gambar-gambar alat musik secara kelompok
- Menempelkan gambar di kertas manila
- Memberi penjelasan tentang alat musik tersebut
3. Kegiatan akhir
- Follow up

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
- Memajang gambar alat musik yang telah diberi penjelasan
- Memberi komentar pada hasil kerja kelompok lain

3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Memberikan kesimpulan tentang inti dari keseluruhaN

E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas II penerbit Erlangga
2. CD/VCD alat musik dan bunyinya

F. Penilaian :
7. Teknik : Tes praktek
8. Bentuk Instrumen : Tes uraian
9. Soal / Instrumen :

Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Sebutkan jenis-jenis alat musik dan contohnya berdasarkan cara memainkannya !
2. Sebutkan 10 alat musik yang digunakan dalam suatu orkestra !


Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : II/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1. Mengekspresikan diri melalui alat musik dan bunyi sederhana

Indikator : 1 Siswa dapat memainkan angklung
2 Siswa dapat memainkan angklung dengan lagu Burung Kakak Tua


Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1 Siswa dapat memainkan angklung
2 Siswa dapat memainkan angklung dengan lagu Burung Kakak Tua

B. Materi Ajar :
1. Memainkan instrumen musik

C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab tentang angklung

2. Kegiatan inti
- Memberi penjelasan cara-cara /teknik bermain angklung
- Praktek memainkan nada-nada dalam suatu tangganada dengan angklung
3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Melanjutkan belajar teknik memainkan angklung
- Memainkan nada nada angklung secara acak sesuai arahan guru
3. Kegiatan Akhir
- Membuat kesimpulan
- Penugasan

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab

2. Kegiatan inti
- Memainkan angklung dengan melihat nada yang ada di papan tulis
-Memainkan angklung dengan melihat nada yang ada di papan tulis dengan diiringi piano
3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu Burung Kakaktua secara klasikal
- Memainkan lagu Burung Kakaktua dengan angklung
3. Kegiatan Akhir
- Membuat kesimpulan
- Penugasan

V.Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab

2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan angklung lagu Burung Kakaktua
- Memainkan angklung dengan iringan piano dengan lagu Burung Kakaktua

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
-Memainkan lagu Burung Kakaktua dengan angklung diiringi piano secara kelompok
-Memberi komentar penampilan kelompok lain secara tertulis
3. Kegiatan Akhir
- Membuat kesimpulan bahan
- Penugasan


E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas II penerbit Erlangga
2. Musik Sekolah Budiono MHI

F. Penilaian :
10. Teknik : Tes praktek
11. Bentuk Instrumen : Tes uraian
12. Soal / Instrumen :

Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Mainkan lagu Burung Kakaktua dengan angklung !
2. Nyanyikan lagu Burung Kakaktua secara individual !


Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : II/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1 Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib

Indikator : 1 Siswa dapat menyanyikan salah satu lagu anak-anak
2.Siswa dapat menyanyikan salah satu lagu wajib nasional


Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa mampu menyanyikan lagu lagu anak-anak
2. Siswa mampu menyanyikan lagu wajib

B. Materi Ajar :
1. Lagu anak-anak
- Lagu Do Re Mi (English Version )
2. Lagu Wajib Nasional
- Lagu Ibu Kita Kartini
C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab tentang lagu anak populer

2. Kegiatan inti
- Mendengarkan Lagu Do Re Mi (English Version ) dari CD/VCD
- Memperhatikan demonstrasi guru menyanyi Lagu Do Re Mi (English Version )
- Menyanyikan Lagu Do Re Mi (English Version ) secara klasikal


3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Menghapalkan syair Lagu Do Re Mi (English Version )
- Menyanyikan Lagu Do Re Mi (English Version ) tanpa teks
- Menyanyikan Do Re Mi (English Version ) secara klasikal dengan iringan

3. Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Feed back

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan Inti
- Memperhatikan guru menyanyikan Lagu Do Re Mi (English Version )
dengan gerakan dan ekspresi yang tepat
- Menyanyikan Lagu Do Re Mi (English Version )
dengan gerakan dan ekspresi yang tepat secara individual

3. Kegiatan akhir
- Follow up


IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
- Memperhatikan guru menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini
- Memperhatikan guru menyanyikan Lagu Ibu Kita Kartini dengan gerakan dan
ekspresi yang tepat
- Mempraktekkan demonstrasi guru menyanyi lagu Ibu Kita Kartini
secara klasikal
- Menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini dengan gerakan dan ekspresi yang tepat


3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Penugasan


V.Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
Memperhatikan guru menyanyikan lagu Tanah Air
- Memperhatikan guru menyanyikan Lagu Tanah Air
dengan gerakan dan
ekspresi yang tepat
- Mempraktekkan demonstrasi guru menyanyi lagu Tanah Air
secara klasikal
- Menyanyikan lagu Tanah Air
dengan gerakan dan ekspresi yang tepat

3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Penugasan

VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
- Menyanyikan salah satu lagu wajib Ibu Kita Kartini atau Tanah Air
secara klasikal
- Menyanyikan salah satu lagu wajib Ibu Kita Kartini atau Tanah Air
secara individual


3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Memberikan kesimpulan tentang inti dari keseluruhan











E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas II penerbit Erlangga
2. CD/VCD minus one Lagu Do Re Mi ( English Version )
3. Buku Lagu Wajib Nasional




F. Penilaian :
4. Teknik : Tes praktek
5. Bentuk Instrumen : Tes uraian
6. Soal / Instrumen :


Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Nyanyikan lagu Do Re Mi ( English Version )dengan iringan musik dari CD minus
one/ iringan musik live secara individual !
2. Nyanyikan lagu wajib Ibu Kita Kartini atau Tanah Air
dengan ekspresi dan gerakan yang sesuai !





Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : III/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1. Kemampuan menghubungkan simbol nada dan elemen musik

Indikator : 1. Siswa dapat mengubah not angka ke not balok
2. Siswa dapat mengubah not balok ke not angka

Alokasi Waktu : 8 x 35 menit ( 4 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
: 1 Siswa dapat mengubah not angka ke not balok
2 Siswa dapat mengubah not balok ke not angka
B. Materi Ajar :
- unsur unsur musik
C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama

2. Kegiatan inti
- Memberi penjelasan tentang macam- macam bentuk dan harga not
- Menggambarkan bentuk dan jenis harga not di buku
- Tanya jawab tentang bentuk dan harga not pada pola irama 4/4
3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up



II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Membuat notasi 10 birama
- Memainkan notasi 10 birama dengan tepukan
3. Kegiatan Akhir
- Membuat kesimpulan bahan
- Penugasan

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama

2. Kegiatan inti
- Memberi penjelasan tentang macam- macam bentuk dan harga not
- Mengubah not angka ke not balok
- Membahas hasil kerja secara klasikal

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Mengerjakan soal-soal latihan mengubah not balok ke not angka
- Membahas soal-soal latihan secara klasikal
3. Kegiatan Akhir
- Membuat kesimpulan bahan
- Penugasan









E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas III penerbit Erlangga
2. Musik Sekolah Budiono MHI


F. Penilaian :
1. Teknik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal / Instrumen :


Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1.Gambarkan not yang mempunyai :
a. 1/2 ketukan c. 2 ketukan
b. 1/4 ketukan d. 4 ketukan
2. Gambarkan not yang mempunyai harga :
a. 1/2 c. 1/32
b. 1/8 d. 1
3. Ubahlah not angka pada lagu Twinkle Little Star ke not Balok !
4. Ubahlah not balok pada lagu Edelweis ke not angka !







Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : III/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1. Kemampuan memainkan musik dalam bentuk ansambel
dengan alat musik ritmis/melodis sederhana


Indikator : 1. Siswa dapat memainkan nada-nada suatu tangga nada natural
dengan recorder
2. Siswa dapat memainkan lagu sederhana dengan recorder dengan
iringan piano

Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat memainkan nada-nada suatu tangga nada natural
dengan recorder
2. Siswa dapat memainkan lagu sederhana dengan recorder dengan iringan piano

B. Materi Ajar :
- Ansambel sederhana
C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab tentang instrumen musik melodis
2. Kegiatan inti
- Memberi penjelasan tentang tangga nada natural
- Menjelaskan letak solmisasi pada recorder
-Memainkan solmisasi tangga nada natural dengan recorder
3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan solmisasi nada dasar C dengan recorder dengan bimbingan
guru
- Menghapalkan letak solmisasi nada dasar C dengan recorder
3. Kegiatan Akhir
- Membuat kesimpulan bahan
- Penugasan

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama

2. Kegiatan inti
- Memainkan solmisasi nada dasar C dengan recorder secara individual
- Menyalin lagu sederhana untuk dimainkan dengan recorder

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up membahas evaluasi individual bermain recorder

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu sederhana “ Cicak Cicak di Dinding“ dengan recorder
- Membahas dan bermain recorder lagu “ Cicak Cicak di Dinding“ secara klasikal
- Menyalin lagu baru “ Twinkle-Twinkle Little Star “
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja klasikal
- Penugasan

V.Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama
2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu “Twinke-Twinkle Little Star “ dengan recorder
- Membahas dan memainkan lagu “Twinkle-Twinkle Little Star “ secara klasikal

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up
VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu sederhana dengan recorder secara klasikal
- Memainkan lagu sederhana dengan recorder secara individual dengan atau tanpa teks
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja secara klasikal
- Pengayaan

E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas III penerbit Erlangga
2. Musik Sekolah Budiono MHI
3. Bermain Recorder

F. Penilaian :
13. Teknik : Tes praktek
14. Bentuk Instrumen : Tes uraian
15. Soal / Instrumen :

Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Mainkan lagu “Cicak Cicak di Dinding” atau “Twinkle-Twinkle Little Star “ dengan
recorder dengan atau tanpa teks !



Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : III/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1 Kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak
Indikator : 1 Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan ansambel
sederhana
2 Siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan ansambel sederhana

Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan ansambel
sederhana
2. Siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan ansambel sederhana


B. Materi Ajar :
Lagu daerah dan anak-anak dengan iringan ansambel

C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi


D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab tentang lagu anak populer





2. Kegiatan inti
- Memperhatikan demonstrasi guru memainkan Lagu Topi saya Bundar dengan recorder
- Memainkan Lagu Topi saya bundar dengan recorder secara klasikal
- Menyalin lagu Topi saya Bundar di buku

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Menyanyikan Lagu Topi saya Bundar dengan recorder secara klasikal
- Menyanyikan Lagu Topi saya Bundar secara klasikal dengan recorder diiringi piano
-Menyanyikan lagu Topi saya Bundar dengan recorder individual dan diiringi piano

3. Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Feed back

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan Inti
-Melanjutkan menyanyikan lagu Topi saya Bundar dengan recorder individual da diiringi
piano
-Menyalin lagu daerah Suwe Ora Jamu dan Gundul Gundul Pacul

3. Kegiatan akhir
- Follow up



IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi


2. Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu Suwe Ora Jamu secara klasikal
- Memperhatikan demonstrasi guru memainkan lagu Suwe Ora Jamu
- Memainkan lagu Suwe Ora Jamu secara klasikal dengan recorder



3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Penugasan


V.Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu Gundul Gundul Pacul secara klasikal
- Memperhatikan demonstrasi guru memainkan lagu Gundul Gundul Pacul
- Memainkan lagu Gundul Gundul Pacul secara klasikal dengan recorder



3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Penugasan

VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Suwe Ora Jamu dan Gundul Gundul Pacul secara klasikal dengan
recorder
-Memainkan salah satu lagu daerah dengan recorder secara individual
3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Memberikan kesimpulan tentang inti dari keseluruhan













E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas III penerbit Erlangga
2.Buku Kumpulan lagu anak anak
3. Buku Lagu daerah Nusantara




F. Penilaian :
7. Teknik : Tes praktek
8. Bentuk Instrumen : Tes uraian
9. Soal / Instrumen :



Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Mainkan lagu Topi saya Bundar dengan recorder !
2. Mainkan salah satu lagu daerah dengan recorder !







Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD YPPI Guru Mata Pelajaran



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : IV/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1 Kemampuan menjelaskan makna dinamika dalam seni musik

Indikator : 1.Siswa dapat menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta dengan
dinamika yang tepat
2. Siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan dinamika yang tepat

Alokasi Waktu : 8 x 35 menit ( 4 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa dapat menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta dengan
dinamika yang tepat
2 Siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan dinamika yang tepat

B. Materi Ajar :
- Dinamika
C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama

2. Kegiatan inti
-Memperhatikan penjelasan guru tentang lambang-lambang/simbol dinamika
-Memperhatikan demonstrasi guru menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta dengan
dinamika yang tepat
-Menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta secara klasikal dengan dinamika yang tepat

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi
2. Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta dengan dinamika yang tepat secara klasikal
-Menyanyikan lagu mengheningkan Cipta secara individu dengan dinamika yang tepat
- Menyalin lagu Ampar Ampar Pisang

3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Penugasan

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab

2. Kegiatan inti
- Memperhatikan demonstrasi guru menyanyi lagu Ampar Ampar Pisang dengan dinamika
yang tepat
- Menyanyikan lagu Ampar Ampar Pisang secara klasikal
- Menyanyikan lagu Ampar Ampar Pisang dengan ekspresi dan dinamika yang tepat

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu Ampar Ampar Pisang secara klasikal dengan ekspresi dan dinamika
yang tepat
- Menyanyikan lagu Ampar Ampar Pisang secara individu dengan dinamika yang tepat

3. Kegiatan Akhir
- Membuat kesimpulan bahan
- Pengayaan





E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas IV penerbit Erlangga
2. Kumpulan lagu-lagu daerah


F. Penilaian :
1. Teknik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal / Instrumen :


Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !

1. Nyanyikanlah lagu wajib Mengheningkan Cipta dengan ekspresi dan
dinamika yang tepat !
2. Nyanyikanlah lagu daerah Ampar Ampar Pisang dengan
dinamika yang tepat !



Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : IV/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1 Kemampuan mengidentifikasi alat musik melodis

Indikator : 1. Siswa dapat mengklasifikasikan alat musik melodis
berdasarkan cara memainkannya
2. Siswa dapat memainkan salah satu lagu popular dengan angklung

Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengklasifikasikan alat musik melodis
berdasarkan cara memainkannya
2. Siswa dapat memainkan salah satu lagu populer dengan angklung

B. Materi Ajar :
- Jenis alat musik melodis

C Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :

I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab


2. Kegiatan inti
- 1.Mencari jenis-jenis alat musik melodis via internet
2. Memberi diskripsi dan informasi tentang alat musik melodis

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi
2. Kegiatan inti
- Mempresentasikan hasil kerja diskripsi alat musik melodis
- Memberi tanggapan atas hasil kerja kelompok lain
3. Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Feed back

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Memberikan apersepsi
2. Kegiatan Inti
- Mengklasifikasikan alat musik melodis berdasarkan cara bermain,bahan dll
dalam kelompok
- mempresentasikan hasil kerja

3. Kegiatan akhir
- Follow up

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Tuhan ( Bimbo ) dengan angklung
- Memainkan lagu Tuhan ( Bimbo ) dengan angklung dengan iringan piano

3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Penugasan

V.Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan lagu Tuhan ( Bimbo ) dengan angklung tanpa teks
- Melanjutkan memainkan lagu Tuhan ( Bimbo ) dengan angklung tanpa teks
dengan iringan piano


3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Penugasan

VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi

2. Kegiatan inti
-Memainkan lagu Tuhan ( Bimbo ) dengan angklung dalam kelompok

3. Kegiatan Akhir
- Follow up
- Memberikan kesimpulan tentang inti dari keseluruhan

E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas IV penerbit Erlangga
2. CD/VCD lagu Tuhan ( Bimbo )

F. Penilaian :
1. Teknik : Tes praktek
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal / Instrumen :

Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !

1. Carilah gambar tentang alat musik melodis dan berilah
diskripsi dengan jelas !

2. Mainkanlah lagu Tuhan ( Bimbo ) dengan angklung !



Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : IV/ Genap
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar : 1. Kemampuan memainkan alat musik sederhana

Indikator : 1.Siswa dapat memainkan melodi lagu Apuse dengan gitar
2.Siswa dapat memainkan melodi lagu Burung Kakaktua dengan gitar

Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa dapat memainkan melodi lagu Apuse dengan gitar
2.Siswa dapat memainkan melodi lagu Burung Kakaktua dengan gitar

B. Materi Ajar :
- Memainkan instrumen musik melodis
C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :
I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab tentang instrumen musik gitar

2. Kegiatan inti
- Memberi penjelasan tentang bagian-bagian gitar
- Menjelaskan letak solmisasi pada senar gitar
-Memainkan solmisasi dengan sisitim tablature

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up
II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi
2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan solmisasi nada dasar C dengan gitar dengan bimbingan
guru
- Menghapalkan letak solmisasi nada dasar C dengan gitar
3. Kegiatan Akhir
- Evaluasi hasil kerja
- Penugasan

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama
2. Kegiatan inti
- Memperhatikan penjelasan guru tentang melodi lagu Apuse
dengan sistim tablatura
- Menyalin lagu Apuse untuk dimainkan dengan gitar
dalam sisitim tablatura
3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up membahas evaluasi individual bermain musik

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\
2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu sederhana “Apuse”
dengan gitar secara klasikal
- Memainkan lagu sederhana “Apuse”
dengan gitar secara individual
- Menyalin lagu baru “ Burung Kakaktua“
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja klasikal
- Penugasan

V.Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama

2. Kegiatan inti
- Memperhatikan penjelasan guru tentang melodi lagu Burung Kakaktua
dengan sistim tablatura
- Menyalin lagu Burung Kakaktua untuk dimainkan dengan gitar
dalam sisitim tablatura



3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up
VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu sederhana “Burung Kakaktua”
dengan gitar secara klasikal
- Memainkan lagu sederhana “Burung Kakaktua”
dengan gitar secara individual

- Membahas hasil kerja secara klasikal
- Pengayaan

E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas IV penerbit Erlangga
2. Musik Sekolah Budiono MHI
3. Bermain Gitar

F. Penilaian :
1. Teknik : Tes praktek
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal / Instrumen :


Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Mainkan lagu “Burung Kakaktua l” dengan gitar dengan atau tanpa teks !
2. Mainkan lagu“Apuse “ dengan gitar
dengan atau tanpa teks !





Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : V/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1. Kemampuan memainkan alat musik ritmis dan melodis
dalam bentuk ansambel gabungan

Indikator : 1. Siswa dapat menyanyikan lagu Rek Ayo Rek dengan benar
2. Siswa dapat menyanyikan lagu Surabaya dengan benar
3. Siswa dapat memain lagu rek ayo rek dengan angklung.
4. Siswa dapat memainkan lagu Surabaya dengan kolintang
5.Siswa dapat memainkan lagu Rek Ayo Rek dalam ansambel gabungan
6.Siswa dapat memainkan lagu Surabaya dalam ansambel gabungan

Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menyanyikan lagu Rek Ayo Rek dengan benar
2. Siswa dapat menyanyikan lagu Surabaya dengan benar
3. Siswa dapat memain lagu rek ayo rek dengan angklung.
4. Siswa dapat memainkan lagu Surabaya dengan kolintang
5.Siswa dapat memainkan lagu Rek Ayo Rek dalam ansambel gabungan
6.Siswa dapat memainkan lagu Surabaya dalam ansambel gabungan

B. Materi Ajar :
- Ansambel gabungan

C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :
I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab

2. Kegiatan inti
- Menyanyi bersama lagu Rek Ayo Rek
- Menyanyi individual diiringi piano tanpa teks

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi
2. Kegiatan inti
- Menyanyikan bersama lagu Surabaya dengan benar
- Menyanyi individual lagu Surabaya dengan iringan piano
3. Kegiatan Akhir
- Evaluasi hasil kerja
- Penugasan

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama
2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Rek Ayo Rek dengan angklung
- Memainkan lagu Rek Ayo Rek dengan angklung diikuti piano
3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up membahas evaluasi individual bermain gitar

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\
2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Surabaya dengan kolintang tanpa melodi
- Memainkan lagu Surabaya dengan kolintang secara lengkap

3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja klasikal
- Penugasan

V.Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab

2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan lagu Rek Ayo Rek dengan kolintang
- Memainkan angklung dengan lagu Rek Ayo Rek

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Surabaya
dengan angklung dan diiringi piano
- Memainkan lagu Surabaya tanpa teks dengan angklung

3 Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja secara klasikal
- Pengayaan

VII.Pertemuan VII
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Rek Ayo Rek
dengan angklung
- Memainkan lagu Rek Ayo Rek dengan kolintang
- Memainkan ansambel gabungan angklung dan kolintang
dengan lagu Rek Ayo Rek

3 Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja secara klasikal
- Pengayaan

VIII.Pertemuan VIII
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi



2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Surabaya dengan angklung
- Memainkan lagu Surabayadengan kolintang
- Memainkan ansambel gabungan angklung dan kolintang
dengan lagu Surabaya


3 Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja secara klasikal
- Pengayaan


E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas V penerbit Erlangga
2. Musik Sekolah Budiono MHI
3. Bermain Ansambel

F. Penilaian :
1. Teknik : Tes praktek
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal / Instrumen :

Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Mainkan lagu “Rek Ayo Rek” dengan ansambel gabungan!
2. Mainkan lagu“Surabayadengan ansambel gabungan !
dengan atau tanpa teks !





Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : V/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1. Kemampuan mementaskan pertunjukkan daerah nusantara
dengan iringan sederhana

Indikato : 1. Siswa dapat memainkan lagu Rek Ayo Rek dengan kolintang
2. Siswa dapat memainkan lagu Surabaya dengan angklung
3. Siswa dapat memainkan lagu Rek Ayo Rek dan Surabaya dengan
angklung dan kolintang

Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat memainkan lagu Rek Ayo Rek dengan kolintang
2. Siswa dapat memainkan lagu Surabaya dengan angklung
3. Siswa dapat memainkan lagu Rek Ayo Rek dan Surabaya dengan angklung dan kolintang.
B. Materi Ajar :

C. Metode Pembelajaran :

1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :
I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab

2. Kegiatan inti
-Memainkan lagu Rek Ayo Rek dengan kolintang secara klasikal

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi
2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan Rek ayo Rek dengan kolintang secara klasikal
3. Kegiatan Akhir
- Evaluasi hasil kerja
- Follow up

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama
2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Rek Ayo Rek secara individual
3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up membahas evaluasi

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\

2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan lagu Rek Ayo Rek dengan kolintang secara individual
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja
- Penugasan


V. Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Surabaya dengan angklung secara klasikal
- Penugasan
- Follow up membahas evaluasi







VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\

2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan lagu Surabaya dengan angklung secara klasikal
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja
- Penugasan

VII.Pertemuan VII
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Rek Ayo Rek dalam ansambel gabungan dengan angklung dan kolintang

3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja
- Penugasan



VIII.Pertemuan VIII
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Surabaya secara ansambel dengan angklung dan kolintang
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja
- Penugasan











E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas V penerbit Erlangga
2. Musik Sekolah Budiono MHI
3. Bermain Ansambel

F. Penilaian :
1. Teknik : Tes praktek
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal / Instrumen :

Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Mainkan lagu Rek Ayo Rek dengan kolintang !
2. Mainkan lagu Rek Ayo Rek dengan kolintang dan angklung !
3. Mainkan lagu Surabaya dengan angklung !
4. Mainkan lagu Surabaya dengan angklung dan kolintang !












Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : VI/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1. Kemampuan memainkan alat musik ritmis dan melodis
dalam bentuk ansambel gabungan

Indikator : 1. Siswa dapat menyanyikan lagu O Inanikeke dengan benar
2. Siswa dapat menyanyikan lagu Jembatan Merah dengan benar
3. Siswa dapat memain lagu O Inanikeke dengan angklung.
4. Siswa dapat memainkan lagu Jembatan Merah dengan kolintang
5.Siswa dapat memainkan lagu O Inanikeke dalam ansambel gabungan
6.Siswa dapat memainkan lagu Jembatan Merah dalam ansambel gabungan

Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menyanyikan lagu O Inanikeke dengan benar
2. Siswa dapat menyanyikan lagu Jembatan Merah dengan benar
3. Siswa dapat memain lagu O Inanikeke dengan angklung.
4. Siswa dapat memainkan lagu Jembatan Merah de
5.Siswa dapat memainkan lagu O Inanikeke dalam ansambel
6.Siswa dapat memainkan lagu Jembatan Merah dalam ansambel

B. Materi Ajar :
- Ansambel gabungan

C. Metode Pembelajaran :
1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :
I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab

2. Kegiatan inti
- Menyanyi bersama lagu O Inanikeke
- Menyanyi individual diiringi piano tanpa teks

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi
2. Kegiatan inti
- Menyanyikan bersama lagu Jembatan Merah dengan benar
- Menyanyi individual lagu Jembatan Merah dengan iringan piano
3. Kegiatan Akhir
- Evaluasi hasil kerja
- Penugasan

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama
2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu O Inanikeke dengan angklung
- Memainkan lagu O Inanikeke dengan angklung diikuti piano
3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up membahas evaluasi individual bermain gitar

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\
2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Jembatan Merah dengan kolintang tanpa melodi
- Memainkan lagu Jembatan Merah dengan kolintang secara lengkap

3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja klasikal
- Penugasan

V.Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab

2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan lagu O Inanikeke dengan kolintang
- Memainkan angklung dengan lagu O Inanikeke

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Jembatan Merah dengan angklung dan diiringi piano
- Memainkan lagu Jembatan Merah tanpa teks dengan angklung

3 Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja secara klasikal
- Pengayaan

VII.Pertemuan VII
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu O Inanikeke
dengan angklung
- Memainkan lagu O Inanikeke dengan kolintang
- Memainkan ansambel gabungan angklung dan kolintang
dengan lagu O Inanikeke

3 Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja secara klasikal
- Pengayaan

VIII.Pertemuan VIII
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Jembatan Merah dengan angklung
- Memainkan lagu Jembatan Merah dengan kolintang
- Memainkan ansambel gabungan angklung dan kolintang
dengan lagu Jembatan Merah


3 Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja secara klasikal
- Pengayaan


E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas V penerbit Erlangga
2. Musik Sekolah Budiono MHI
3. Bermain Ansambel

F. Penilaian :
4. Teknik : Tes praktek
5. Bentuk Instrumen : Tes uraian
6. Soal / Instrumen :

Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Mainkan lagu “O Inanikeke” dengan ansambel gabungan!
2. Mainkan lagu Jembatan Merah dengan ansambel gabungan !
dengan atau tanpa teks !





Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas / Semester : VI/ Genap

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar : 1. Kemampuan mementaskan pertunjukkan daerah nusantara
dengan iringan sederhana

Indikato : 1. Siswa dapat memainkan lagu Hymne Guru dengan kolintang
2. Siswa dapat memainkan lagu Trimakasihku dengan angklung
3. Siswa dapat memainkan lagu Hymne Guru dan Trimakasihku
dengan angklung dan kolintang

Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 6 x pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat memainkan lagu Hymne Guru dengan kolintang
2. Siswa dapat memainkan lagu Trimakasihku dengan angklung
3. Siswa dapat memainkan lagu Hymne Guru dan Trimakasihku
dengan angklung dan kolintang

.
B. Materi Ajar :

C. Metode Pembelajaran :

1.Tanya jawab
2.Pemberian tugas
3.Demonstrasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran :
I. Pertemuan I
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab

2. Kegiatan inti
-Memainkan lagu Hymne Guru dengan kolintang secara klasikal

3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up

II. Pertemuan II
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi
2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan Hymne Guru dengan kolintang secara klasikal
3. Kegiatan Akhir
- Evaluasi hasil kerja
- Follow up

III. Pertemuan III
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama
2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Hymne Guru secara individual
3.Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Follow up membahas evaluasi

IV.Pertemuan IV
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\

2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan lagu Hymne Guru dengan kolintang secara individual
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja
- Penugasan


V. Pertemuan V
1. Kegiatan awal
- Melakukan appersepsi
- Melakukan tanya jawab irama

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Trimakasihku dengan angklung secara klasikal
- Penugasan
- Follow up membahas evaluasi




VI.Pertemuan VI
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\

2. Kegiatan inti
- Melanjutkan memainkan lagu Trimakasihku dengan angklung secara klasikal
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja
- Penugasan

VII.Pertemuan VII
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Hymne Guru dalam ansambel gabungan dengan angklung dan kolintang

3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja
- Penugasan



VIII.Pertemuan VIII
1. Kegiatan awal
- Memberikan motivasi
- Memberikan apersepsi\

2. Kegiatan inti
- Memainkan lagu Trimakasihku secara ansambel dengan angklung dan kolintang
3. Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja
- Penugasan














E. Sumber Bahan :
1. Seni Budaya untuk SD kelas V penerbit Erlangga
2. Musik Sekolah Budiono MHI
3. Bermain Ansambel

F. Penilaian :
4. Teknik : Tes praktek
5. Bentuk Instrumen : Tes uraian
6. Soal / Instrumen :

Kerjakan soal- soal di bawah ini dengan benar !
1. Mainkan lagu Hymne Guru dengan kolintang !
2. Mainkan lagu Hymne Guru dengan kolintang dan angklung !
3. Mainkan lagu Trimakasihku dengan angklung !
4. Mainkan lagu Trimakasihku dengan angklung dan kolintang !




Mengetahui, Surabaya,
Kepala SD Guru Mata Pelajaran



















1 komentar:

Ariztoteles Satu mengatakan...

terimakasih banyak, sangat berguna sekali untuk saya :)

Poskan Komentar